SMART SMILE AND INDO PHREAKS »

Sunday, March 4, 2012

Cara Mengeluarkan Ingus


BILA si kecil tak sengaja menelan ingusnya sendiri, Moms perlu khawatir. Pasalnya, ada pula usia toddler yang belum mampu mengeluarkan ingusnya sendiri - menekan salah satu lubang hidungnya untuk mengeluarkan ingus dari lubang hidung lainnya - layaknya orang dewasa.

Dan kalaupun tertelan, tidak berbahaya. Karena akan keluar dengan sendirinya lewat pembuangan (feses atau BAB). Jadi, Moms tidak perlu memaksa si kecil untuk mengeluarkan ingusnya yang tertelan.

Untuk mengeluarkan ingus si kecil, dr Elizabeth Hutapea SpA dari RS Royal Taruma mengatakan, tidak disarankan dengan menekan kedua lubang hidung. Bila pada waktu mengeluarkan ingus dua lubang hidung tertutup sekaligus, maka ingus dapat didorong ke dalam rongga-rongga samping yang nantinya dapat menyebabkan penularan infeksi dan peradangan (sinusitis). Bahaya ini juga terdapat pada tabung Eustachius yang menyambung rongga hidung dengan rongga telinga tengah. Tabung yang meradang ada kalanya menjadi tersumbat den meneruskan infeksi ke rongga telinga tengah dan menyebabkan nyeri telinga.

Guna menghindari penularan infeksi ke rongga-rongga tersebut, sambungnya, buanglah ingus dengan cara menutup satu lubang hidung dan keluarkan dengan hati-hati (jangan terlalu keras). Lakukan lagi untuk membersihkan ingus pada lubang hidung yang satu