SMART SMILE AND INDO PHREAKS »

Sunday, March 4, 2012

Cara Membuat Yoghurt


Sahabat Smart senang minum yoghurt, dan ingin mencoba membuat yoghurt sendiri dirumah. Untuk itu ikuti terus artikel kali ini yang akan membahas tentang cara membuat yoghurt sendiri. Sebelum kita membahas lebih lanjut pembuatan yoghurt, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai yoghurt itu sendiri. Sebenarnya yoghurt merupakan susu asam hasil fermentasi dari susu, yang mengandung 2 jenis pribiotik atau bakteri yang baik bagi tubuh yaitu bakteri Lactobacillus dan Bifidobachterium.



Selain itu yoghurt juga sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh kita karena yoghurt dapat memperlancar masalah pencernaan, menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika diminum secara teratur setiap hari. Ternyata walaupun terlihat sulit tetapi cara membuat yoghurt cukup sederhana loch sahabat. Mau tau gimana cara membuat yoghurt sendiri di rumah ? Yuk kita lihat caranya dibawah ini :

Bahan :
- 1 liter susu murni
- Bibit yoghurt 5% dari banyaknya susu murni atau yogurt biasa tanpa rasa.

Cara Membuat :
- Panaskan susu dengan api kecil sambil diaduk-aduk selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih. Langkah ini bertujuan untuk menguapkan air sehingga tidak terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.

- Setelah itu angkatlah solid yoghurt tadi dan singinkan kira-kira hingga hangat-hangat kuku, setelah itu tambahkanlah bibit yoghurt sebanyak 2 - 5 % dari jumlah yoghurt yang telah mengental tadi.

- Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yoghurt yang kental. Karena semakin tinggi total solid yang terbentuk akan membuat mendapatkan hasil yang semakin bagus.

- Setelah berbentuk yoghurt dapat ditambahkan dengan sirup atau gula bagi yang tidak suka dengan rasa yang terlalu asam, atau bisa ditambah dengan rasa jeruk,strawberry atau rasa yang lainnya.

Jika sahabat ingin menyimpan yoghurt dalam waktu yang lama, sebaiknya simpanlah didalam wadah kaca agar yoghurt tahan lama.

Gimana sahabat Fabeluna ? cukup mudah bukan cara membuat yoghurt diatas. Sekarang tunggu apalagi cepetan dicoba dirumah dan nikmatilah yoghurt buatan tangan sahabat sendiri. Selain itu sahabat juga dapat melihat artikel tentang khasiat coklat dan manfaaat kopi bagi kecantikan . Terima kasih dan sampai bertemu lagi diartikel selanjutnya.. ^^